fbpx

DAFTAR!!!

Kali ini saya akan membahas bagaimana memilih kosmetik yang baik itu? Apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih kosmetik yang baik, sehat dan aman?

Produk kosmetik serta perawatan kulit( skin care) tengah digandrungi oleh warga, spesialnya para anak muda perempuan. Dilansir dari siaran pers BPOM, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengatakan kalau produk kosmetik menduduki peringkat kedua bagaikan produk yang sangat kerap disantap dari belanja online sehabis produk busana.

Saking menjamurnya produk kosmetik di Indonesia, perihal ini merangsang peredaran kosmetik ilegal serta palsu yang bisa membahayakan kesehatan. Lalu, gimana metode memilah produk kosmetik yang nyaman buat kesehatan? Cari ketahui melalui pembahasan berikut ini.

Langkah- langkah menentukan produk kosmetik yang aman dan sehat.

Makin maraknya permasalahan kosmetik palsu di warga mewajibkan Kamu buat lebih teliti dikala memilah serta membeli kosmetik. Ayo, simak langkah- langkah memilah kosmetik yang nyaman berikut ini.

1. Pastikan Legalitas, Kesehatan dan Keamanannya

Metode awal saat sebelum membeli produk kosmetik dengan memastikan legalitas, kesehatan dan keamanannya. Legalitas, kesehatan dan keamanannya maksudnya cek kemasan, label, izin edar, serta bertepatan pada kedaluwarsa pada kosmetik tersebut.

Pertama- tama, cek kemasan serta label produk kosmetik yang Kamu beli. Cek tiap sisinya apakah ada kecacatan serta perbandingan dengan kemasan kosmetik yang asli.

Berikutnya, temukan No Izin Edar (NIE) pada kemasan produk. Kosmetik yang sah serta nyaman telah tentu mengantongi izin formal dari BPOM serta mempunyai no izin edar tersebut. Maksudnya, bahan- bahan yang tercantum juga dipastikan nyaman sebab telah diuji terlebih dulu oleh BPOM.

Tidak hanya itu, yakinkan kalau no izin edar tersebut betul- betul terdaftar pada website formal BPOM. Karena, bisa jadi saja sebagian produk kecantikan cuma semata- mata melekat no izin edar yang asal- asalan. Bila produk kosmetik yang Kamu beli tidak mempunyai no izin edar ataupun tidak betul- betul terdaftar, hingga kosmetik tersebut telah tentu ilegal serta tidak terjamin kandungannya.

Jangan lupa lihat pada tgl kedaluwarsa pada label produk. Perihal ini kerap kali terlewatkan sebab mayoritas orang yakin kalau tiap kosmetik yang tersebar merupakan produk baru. Sama semacam santapan, kosmetik yang kedaluwarsa bisa memunculkan dampak samping yang membahayakan kesehatan.

2. Harga Murah Tak Menjamin Kualitas Produk

Sebagian besar konsumen mengeluhkan harga kosmetik yang makin mahal serta membuat kantong jebol. Sebab seperti itu, banyak orang yang mulai melirik produk kosmetik yang sama, tetapi dijual dengan harga yang lebih murah, apalagi terkadang cenderung tidak masuk diakal.

Harga kosmetik yang murah memanglah tidak menghabiskan isi kantong, namun diam- diam bisa tingkatkan resiko terkait kesehatan. Alasannya, telah banyak permasalahan yang ditemukan kalau sebagian produk kosmetik dengan harga murah nyatanya palsu serta ilegal. Apabila demikian, kandungannya pasti tidak bisa ditentukan apakah betul- betul aman ataupun tidak.

Dengan demikian, jangan gampang tertipu dengan harga murah serta cek lagi keaslian produknya. Bukannya no problem jikalau harga sedikit mahal, tetapi menjamin kesehatan Kamu?

3. Beli Brand Kosmetik Yang Terpercaya

Supaya memperoleh produk kosmetik yang nyaman, yakinkan Kamu membelinya di toko/tempat yang terpercaya. Tidak hanya toko konvensional, saat ini telah banyak toko online yang pula menjual kosmetik kesayangan Kamu. Hendak namun, yakinkan kalau toko tersebut betul- betul terpercaya serta menjual produk kosmetik yang asli.

Bila Kamu membeli kosmetik secara langsung di distributornya, perhatikan lagi kemasan, tekstur, aroma, serta corak kemasan secara detil. Berikutnya, bandingkan dengan kosmetik asli yang Kamu memiliki.

Apabila Kamu menciptakan wujud kemasan yang tidak meyakinkan, tekstur produk yang tidak biasa, aroma menusuk, ataupun corak kemasan yang cenderung pekat ataupun lebih pudar, hingga Kamu pantas mewaspadainya. Karena tidak menutup kemungkinan produk tersebut palsu.

4. Perhatikan Efek Setelah Menggunakan Kosmetik

Untuk Kamu yang telah kerap membeli kosmetik pasti telah profesional dalam tester soal kosmetik. Triknya merupakan dengan mengoleskan sedikit produk ke bagian punggung tangan buat memandang tekstur serta corak, apakah sesuai dengan yang Kamu cari ataupun tidak.

Jangan salah, metode ini tidak cuma semata- mata mencocokkan produk kosmetik dengan kemauan Kamu, lho. Kamu pula dapat memakainya bagaikan salah satu metode memilah produk kosmetik yang nyaman. Sehabis mengoleskan segaris kosmetik di punggung tangan, coba amati tekstur, corak, serta aromanya.

Mudahnya, kosmetik yang nyaman tidak menimbulkan iritasi ataupun respon alergi. Kebalikannya, kosmetik palsu bisa memunculkan indikasi berbentuk ruam merah, kulit gatal serta bengkak, sampai sakit kepala, mirip dengan indikasi alergi kosmetik. Walaupun demikian, perihal ini umumnya lebih jelas nampak saat sering menggunakannya.

Waspada terhadap kosmetik ilegal dan palsu, berikut adalah ciri-cirinya.

Setiap perempuan pasti mau memakai produk kecantikan yang dibuat dari bahan yang nyaman serta tidak beracun. Sayangnya, tidak gampang buat mengidentifikasi merk mana yang asli serta ilegal dengan produk yang palsu. Sekalipun menawarkan label “organik” ataupun “alami”, tampaknya tidak seluruh produk betul- betul alami serta terbebas dari bahan- bahan beresiko.

Metode gampang mengidentifikasi kosmetik ilegal merupakan tidak terdapatnya no izin edar (NIE) dari BPOM. Maksudnya, kosmetik tersebut belum diuji oleh BPOM sehingga tidak dikenal apakah kandungannya sehat dan aman untuk kulit ataupun tidak.

Baca Juga:
3 Tips Memilih Lipstik Yang Sehat
Waspada 5 Kandungan Lipstik Berbahaya Bagi Bibir Cantikmu

Identitas kosmetik ilegal yang lain bisa dilihat dari bahan yang tercantum dalam kosmetik. Beberapa bahan-bahan kimia beresiko yang banyak tercantum pada kosmetik palsu di antara lain merkuri, timbal, arsen, perona sintetis, serta silikon. Bila Kamu menemukan salah satu dari 5 bahan tersebut diatas, bisa jadi kosmetik tersebut mungkin termasuk kategori ilegal serta palsu.